Rabu, 19 Juni 2013

Batik Unik Gentongan dari Madura

Pada awal mula dimulainya proses membatik di masa kerajaan Majapahit,proses pewarnaan diambil dari berbagai macam buah yang terdapat di alam.Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan,ditemukan cara lain pewarnaan dengan bahan-bahan kimia.

Proses pembuatan batikpun semakin berkembang.Saat ini terdapat cara membatik dengan cara tradisional atau yang dikenal sebagai batik tulis,dan dengan memakai alat yang disebut juga batik print.Toko kami http://batik-modern.net menyediakan banyak sekali batik print yang indah untuk anda.


Batik tulis memiliki keunggulan berupa ciri khas tersendiri yang terdapat pada motifnya.Kadang kala ada pengrajin yang hanya membuat satu motif hanya satu kali saja,sehingga kain batik yang dihasilkan benar-benar batik unik dan tidak ada yang menyamai.Hal ini menimbulkan rasa bangga ketika memakainya untuk beberapa orang.

Beberapa daerah di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri dalam produksi batik yang dihasilkan,Seperti juga batik Gentongan dari pulau Madura.Batik ini hanya diproduksi di desa Tanjungbumi,pulau madura,tidak ditemukan di daerah lain.hal ini disebabkan karena kandungan air yang terdapat di pulau Madura mempunyai kadar kapur yang tinggi yang dapat membuat wana yang dihasilkan menjadi makin cerah.



Batik unik ini disebut batik Gentongan karena proses pembuatannya yang harus direndam dalam gentong yang harus ditempatkan di kamar yang kedap cahaya. Batik ini terbuat dari pewarna alami misalnya, kulit pohon jambal untuk warna kuning,warna merah bisa diambil dari kulit mengkudu, warna hijau dari kulit mundu dicampur tawas.Biasanya motif yang dihasilkan adalah flora dan fauna.Warna yang dihasilkanpun warna-warna yang terang.


Kain batik Gentongan dijual dengan harga mulai dari 2 hingga 5 juta rupiah perlembarnya.Hal ini dikarenakan proses pembuatan batik yang memakan waktu yang lama,yaiut antara 6 bulan hingga satu tahun.Kain direndam dalam gentong selama itu untuk menghasilkan warna yang terang.Semakin lama kain direndam,maka warna yang dihasilkanpun akan makin cerah.


Seorang designer dari kota Malang,Billy Wong,menciptakan desaign baju yang indah dari batik Gentongan ini.Billy mengusung batik gentongan sebagai bahan utama saat diadakannya lomba design batik seperti yang diulas disini.Bahkan saat ini,beberapa designer mulai mempopulerkan batik ini hingga ke mancanegara.


Warna alami yang terdapat pada batik gentongan mempunyai perbedaan yang hampir tidak kentara dibandingkan dengan warna batik yang didapatkan dari bahan-bahan kimia.Biasanya ada beberapa kain batik Gentongan yang masih ada bau rempah-rempah yang digunakan saat perendaman.


Saat ini batik modern kian diminati oleh masyarakat Indonesia.Batik bukan hanya dipakai untuk kalangan pegawai negeri saja karena ada tuntutan pekerjaan.Tapi batik modern saat ini digunakan juga oleh berbagai kalangan pada acara resmi maupun santai.


Toko online kami  menyediakan batik pria,gamis batik modern dan batik sarimbit untuk keluarga dengan harga bersahabat dan motif yang indah.Bahan yang kami gunakan adalah katun primisima yang nyaman ketika dikenakan.
.

1 komentar: